home

Sabtu, 06 November 2010

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI DI DESA PAMBE KABUPATEN MAMASA



ABSTRAK

Sri Haryati Kombolayuk. Hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan pemilihan metode kontrasepsi di Desa Pambe Kabupaten Mamasa. Dibimbing oleh Risnah dan Sjafaraenan.

Untuk menekan laju pertumbuhan penduduk yang tak terkendali pemerintah mencanangkan program KB Nasional. Pengetahuan tentang alat / cara KB dan tempat pelayanan menentukan seorang memilih kontrasepsi. Di Desa Pambe sebagian besar penduduknya merupakan PUS yang merupakan target penelitian.
Penelitian ini adalah penelitian Non Eksperimen dengan rancangan Cross Sectional. Dengan populasi penelitian sebanyak 98 ibu akseptor KB, dan sample yang didapatkan sebanyak 39 ibu akseptor KB. Menggunakan tehnik Purposive Sampling. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan chi square test. Pengetahuan ibu dengan kategori baik sebanyak 34 responden dan pengetahuan kurang sebanyak 5 responden. Responden yang menggunakan kondom sebanyak 7 responden, pil sebanyak 7 responden, suntik sebanyak 9 responden, implant sebanyak 4 responden, IUD sebanyak 6 responden dan tubektomi sebanyak 6 responden. Hasil analisis didapatkan X² hitung sebesar 15,709,α=0,005,df=5 serta p=0,008, maka X² hitung > X² tabel.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara tingkat engetahuan dengan pemilihan metode kontrasepsi.

Kata kunci : Pengetahuan, Pemilihan metode kontrasepsi

1 komentar:

  1. Z Kira samPe askEpx btuL deh...
    samPe evaluasi d catatan perkembangan...
    tanggung Ki senioR...
    heheheee...!!!

    ..caLy asSyifa cuwittt..

    BalasHapus